Monday 30 March 2009

Kecap LELE Khas Pati



Bagi masyarakat kota Pati atau yang pernah tinggal di kota Pati dalam dunia masak memasak pasti mengenal kecap cap Ikan Lele. Sebenarnya pada era tahun 80-an selain kecap lele ada juga kecap cap dua bukur (gambar dua kerang) pabriknya di jalan Diponegoro dekat pertigaan menuju asrama polisi atau yang menuju SMPN-3.
Mengenai kecap Lele hampir semua masakan yang berasal dari kota Pati ini menggunakan kecap ini. Mulai nasi semur, nasi gandul, tahu campur, soto kemiri. Kecap lele ini mudah dujumpai di toko toko di kota Pati. Namun untuk luar kota nampaknya susah ditemukan. Tetapi bagi yang tinggal di Semarang dapat dijumpai di swalayan Ramai. Pada umumnya warga Pati yang merantau di luar kota selalu menyempatkan membawa oleh oleh kecap ini. Kecap ini oleh orang Pati ngefans banget seperti tiada duanya. Belum siip kalau tidak menggunakan kecap Lele. Bagi yang melakukan perjalanan ke Pati industri kecap ini dapat dijumpai di jalan Rogowangsan, atau tepatnya sebelah Timur pasar tradisional Rogowangsan. Bila kita ke Timur sedikit 11 Km dari arah Pati tepatnya di Juwana sebagai kota kecamatan terdapat industri kecap yang taste nya sama dengan kecap Lele, yaitu namanya kecap cap Gentong. Ada kemiripan rasa atau mungkin masih saudara yang membuatnya. Bagi yang berasal dari Juwana tentu tidak asing dengan kecap cap Gentong ini.
Bagi yang mampir ke kota Pati dan sempat makan nasi Gandul, nasi semur, nasi soto. Coba ditengok atau ditanyakan pada penjual, kecap apa yang dipakai. Tentu kecap Lele kebanyakan yang dipakai.

2 comments:

Unknown said...

enak tenan,kenapa lama kok kosong ya? bnyk fans yg menanti lho, pa lg org smg

obat pembesar payudara herbal said...

infox menarik..

AmazingCounters.com